Tuesday 22 May 2012

Berjuang Melawan Kebodohan Dengan Segala Keterbatasan

Tempat Belajar Yang Memprihatikan bagi Siswa TK Tunas Harapan Goa Cina Sitiarjo Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang, tak pernah menyurutkan siswa dan guru untuk tetap belajar
Belajar dengan giat tidak harus menunggu tempat yang layak/permanen/mewah, tapi berbekal semangat untuk maju dan ingin perubahan mereka tetap bersemangat untuk belajar. Di tempat yang seadanya/gubuk di tengah hutan mereka belajar dengan giat yang dibimbing oleh guru-guru yang mempunyai kepedulian yang sangat kuat dibidang pendidikan, terutama di daerah pinggiran yang tak tersentuh oleh 'kebijakan' di negri ini.
TK Tunas Harapan didirikan oleh dua orang bersaudara, Drs. Shohibul Izar dan Mahbub Junaidi, yang berasal dari Mojokerto Jawa Timur yang sudah menetap di Bajulmati-Gedangan Kabupaten Malang sejak tahun 1990an. Sudah banyak yang dilakukan keduanya dalam membangun pendidikan di daerah Malang Selatan, mulai dari Taman Pendidikan Al Qur'an (TPA), PAUD, TK, Rumah Pintar, Perpustakaan dan kegiatan-kegiatan pendidikan diluar jalur formal, hingga pendidikan di Masyarakat secara umum.
Pesan moral yang diberikan kepada masyarakat diberikan banyak dilakukan dijalur non formal yang tidak lazim dilakukan oleh kebanyakan orang, yaitu dilakukan di warung-warung kopi, di pos kamling, di ladang, di pantai dan tempat-tempat yang memungkinkan untuk 'berbagi' dan belajar. Sehingga bagi keduanya masalah tempat bukan menjadi soal untuk menyampaikan 'pesan-pesan' bermanfaat kepada semua orang, termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan formal di daerah Bajulmati dan sekitarnya. Yang terpenting adalah tempat itu 'nyaman' bagi keduanya dan masyarakat untuk saling berbagi mengenai berbagai permasalahan yang ada.

Jangan Menjadi orang KECIL, sebab:
- akan selalu diperintah dan tak pernah memerintah
- akan selalu diatur dan tak pernah mengatur
- akan selalu dikalahkan dan tak pernah mengalahkan
- akan selalu disisihkan tak pernah menyisihkan

Jangan pula menjadi Orang BESAR, sebab:
- akan selalu diuntungkan dan tak pernah menguntungkan
- akan selalu dilayani dan tak pernah melayani
- akan selalu . . . .

Tapi jadilah orang yang PINTER dan NGERTI, Sebab:
- Akan selalu Bermanfaat dan memberi Manfaat pada semua

No comments:

Post a Comment