Monday 19 March 2012

Pejabat, DPR dengan Segudang Fasilitas: Anak Indonesia Sulit Sekolah

Anak TK HARAPAN 2 di mBanteng-Rowo Trate-Sitiarjo- Sumbermanjing Wetan Kab. Malang

Situasi ruang Belajar TK HARAPAN 2


Di negri tercinta ini, serasa begitu aneh, pemegang amanat rakyat baik Pejabat atau DPR mendapat fasilitas yang begitu WAAAAAAHH, tapi orang kecil sangat sulit-untuk mendapat pendidikan yang layak, terutama di daerah yang jauh dari pusat kekuasaan, memprihatinkan. Banyak para penggiat sosial yang justru memikirkan mereka, yang hanya bermodal nekat. Tragisnya, begitu para penggiat/pemrakarsa penyelenggara pendidikan di daerah pinggiran ini mengajukan izin-tidak minta dana-harus berhadapan dengan para 'penguasa' yang bodoh-dipersulit. Lantas mereka itu memihak pada siapa??? Mungkin mereka sibuk ngurusi 'kepentingan' sanak saudaranya, Sertifikasi, kenaikan pangkat, mutasi pejabat, dan pangkatnya sendiri. Kapan mereka memikirkan rakyat yang memberikan mandat kepada mereka???

Di Malang Selatan, contoh kecil, banyak lembaga-lembaga pendidikan yang diupayakan oleh orang-orang yang secara finansial kurang beruntung, hanya bermodal semangat untuk membangun pendidikan di negri tercinta ini, untuk menolong mereka yang kurang beruntung dalam memperoleh pendidikan yang layak.

Banyak sekali anak usia sekolah yang tidak tertampung di lembaga-lembaga formal yang ada, karena banyak faktor. Diantaranya adalah kemiskinan, faktor ini memicu untuk enggan memasukkan putra-putrinya ke sekolahan yang ada karena biaya, disamping ada faktor karena terlalu jauh tempat tinggalnya dengan sekolahan yang ada. Di Malang Selatan, dari bentang timur hingga ke barat daerah pesisir, mungkin kondisinya sama, sangat minim perhatin untuk masalah pendidikan.

Kami sudah 20an tahun berkecimpung di dunia pendidikan di Bajulmati Desa Gajahrejo Kec. Gedangan Kabupaten Malang, tapi tidak banyak mendapat sambutan positif dari pemerintah. Apa/siapa  yang keliru/salah??? Kami punya TPQ, PAUD, TK, Rumah Pintar, Perpustakaan, hampir semuanya kami upayakan sendiri, sekuat tenaga untuk memenuhi tuntutan masyarakat yang menginginkan pendidikan super murah. Ternyata dengan biaya murahpun pendidikan bisa berjalan, lantas ke mana biaya pendidikan di negri ini kok tidaak sampai pada mereka??? Dan faktor apa yang menyebabkan Pendidikan menjadi MAHAAAL???    

Situasi Belajar di TK HARAPAN  Bajulmati-Gedangan Kabupaten Malang

2 comments:

  1. Ke mana kepala dinas pendidikannya???

    ReplyDelete
  2. Kepala dinasnya ngurusi kelurga dinase dewe paak,kolo2 di seret di jak ndelok py uripe wong ndeso sing susah ben melek mripate...

    ReplyDelete