Sunday 26 February 2012

Harapan Mandiri dan Pesantren Rakyat Bergandeng Tangan

Ust. Abdullah Sam S. Psi dan Mahbub Junaidi bertukar cindra mata di depan Rumah Pintar 'Griya Harapan', sekaligus pusat kegiatan Posdaya Harapan Mandiri, Bajulmati

Ust. Drs. Shohibul Izar, memimpin Do'a di Majlis Taklim ibu-ibu Muslimat Bajulmati


Pada hari Jum'at, 24 Februari 2012 Bapak Abdullah Sam S. Psi selaku pengasuh Pesantren Rakyat, Sumberpucung-Malang menyempatkan diri berkunjung ke Bajulmati-Gedangan Malang untuk melihat dari dekat perkembangan Posdaya Harapan Mandiri Masjid Al Azhar.
Bukan tanpa alasan bila Pengasuh Pesantren Rakyat, Abdullah Sam datang ke Posdaya Harapan Mandiri, Bajulmati-Gedangan Malang, sebab keberadaan Posdaya Harapan Mandiri, Bajulmati tidak lepas dari sentuhan lembut tangan Cak Dullah, panggilan akrab Abdullah Sam. Atas dorongan dan motivasi Cak Dullah Posdaya Harapan Mandiri bisa terbentuk bersama Bu Dr. Hj. Mufidah Ch. M. Ag. pada tanggal 8 Mei 2011 dengan mengumpulkan 38 kader Posdaya untuk diberi pengarahan tentang Posdaya. Di samping itu Cak Dullah juga ingin membuktikan sendiri kelayakan Posdaya Harapan Mandiri, Bajulmati-Gedangan Malang sebagai Posdaya percontohan Nasional yang berbasis Masjid, setelah melihat dari dekat keberadaan dan gerakan yang dilaksanakan oleh Posdaya Harapan Mandiri memang sangat layak untuk dijadikan Posdaya percontohan Nasional, tak heran bila banyak tamu, mulai dari akademisi, mahasiswa, birokrat dan pribadi berkunjung ke Posdaya Harapan Mandiri untuk menimba ilmu tentang program dan gerakan yang sudah dilaksanakan di masyarakat Bajulmati dan sekitarnya.
Abdullah Sam S.Psi, sangat bangga dengan perkembangan dan prestasi Posdaya Harapan Mandiri, Bajulmati yang mampu mengungguli jauh prestasi Pesantren Rakyat yang beliau asuh. Lebih jauh Cak Dullah mengatakan, 'Bajulmati-Posdaya Harapan Mandiri- dalam sepuluh tahun ke depan tidak hanya mengukir prestasi Nasional tapi mampu menembus prestasi yang membanggakan di taraf Internasional', dunia akan dibuat kagum melihat Bajulmati yang tadinya sebuah dusun yang terpinggirkan di ujung selatan Kabupaten Malang Jawa Timur tapi sekarang tidak bisa dianggap remeh terutama masalah pendidikan, tinggal bagaimana pemerintah daerah melihat fenomena dan mendorong terwujudnya prestasi tersebut. Posdaya Harapan Mandiri, Bajulmati bisa sedemikian rupa tidak lepas dari peran sertanya UIN MALIKI Malang lewat LPMnya yang di nakhodai oleh seorang srikandi yang sangat intens, Dr. Hj. Mufidah Ch. M. Ag. terhadap perkembangan Posdaya Harapan Mandiri, Bajulmati. 
Tokoh yang tidak bisa dilupakan dibalik keberhasilan Posdaya Harapan Mandiri, Bajulmati adalah bapak Drs. Shohibul Izar M. dan Mahbub Junaidi, keduanya telah punya andil besar dalam membawa Bajulmati ke arah yang lebih baik. Atas kepedulian beliau berdua Bajulmati-Gedangan Malang saat ini layak untuk diperhitungkan oleh semua pihak. Mungkin baru UIN MALIKI Malang saja yang sudah mengakui ketokohan beliau berdua, melalui rektornya bapak Prof. Dr. KH. Imam Suprayogo, memberikan piagam penghargaan kepada beliau berdua sebagai Pengabdi Masyarakat di Bajulmati  selama 23 tahun dan 20 tahun tanpa jedah.  

Ust. Abdullah Sam S. Psi, saat memberikan ceramah Agama di hadapan ribuan ibu-ibu Muslimat Bajulmati dan sekitarnya

Selama dalam kunjungannya, Cak Dullah, didaulat untuk berkhutbah di Masjid Al Azhar, Bajulmati. Di samping itu Cak Dullah juga menjadi pembicara tunggal di Majlis Taklim ibu-ibu Muslimat dari 3 dusun di wilayah Bajulmati dan sekitarnya.
Di akhir kunjungannya di Bajulmati, Cak Dullah berpesan, marilah kita jalin tali silaturrahmi antar Posdaya untuk pemberdayaan rakyat miskin, agar program dan gerakannya terarah dan tepat sasaran. JAYALAH ORANG MISKIN mari BANGKIT DARI KETERPURUKAN

No comments:

Post a Comment