Saturday 25 February 2012

TRAINING OF TRAINER (TOT): Pelatihan Kebun Bergizi

Mahbub Junaidi, Pembina Posdaya HARAPAN MANDIRI, Bajulmati dalam sebuah kesempatan


Pada hari Senin-Kamis, 20-23 Februari 2012 Posdaya HARAPAN MANDIRI Masjid Al Azhar Bajulmati-Gedangan Malang diundang oleh LPM UIN Maliki Malang untuk mengikuti kegiatan pelatihan bagi pelatih-Training Of Trainer (TOT) dengan konsentrasi 'Kebun Bergizi' yang bertempat di BPTP-Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Jawa Timur, Karangploso-Malang. Pelatiahn ini terselenggara berkat kerja  sama yang sangat baik antara LPM UIN Maliki Malang, BPTP Jawa Timur Malang dan Yayasan DAMANDIRI.  Acara dimulai Senin, 20 Februari 2012 Jam 13.00 yang dibuka oleh ketua LPM UIN Maliki Malang, Dr. Hj. Mufidah Ch. M. Ag. Acara ini dibagi dalam 3 kelompok, kebetulan Posdaya HARAPAN MANDIRI Masjid Al Azhar masuk dalam kelompok I, jumlah rombongan 23 orang.
waktu di lapangan, melihat hasil budidaya sayur organik di kebun BPTP Jawa Timur Malang

Pelatihan Kebun Bergizi yang kami ikuti beberapa hari yang lalu begitu/sangat penting dan membuka cakrawala keilmuan terutama dalam bidang pengembangan pertanian, tidak hanya sebatas kebun bergizi yang sangat kecil sekupnya, tapi betul-betul memberikan ilmu baru bagi para peserta untuk mengembangkan pertanian secara makro. Sebuah kesempatan yang sangat langka bagi kami untuk mendapatkan ilmu seperti yang kami terima kemarin. Materi pelatihan begitu lengkap, mulai dari tanaman pangan-padi, palawija- hingga tanaman hias disajikan/disampaikan di pelatihan tersebut, termasuk bagaimana cara membuat pupuk organik, kompos, obat pengendali hama secara organik juga diajarkan dalam pelatihan tersebut.       
Selama pelatihan tidak hanya diajarkan teori saja, dalam ruangan, tapi juga diajak langsung praktek di lapangan dikebun milik BPTP Jawa Timur Malang, baik tentang tanaman maupun praktek proses pembuatan kompos, pupuk organik dan dipandu langsung oleh tenaga ahli dibidangnya yang memang sudah terlatih, sehingga situasinya sangat menyenangkan.

Abu Zaenal Zakariya S. Pt, P. Yaya sedang menjelaskan proses pembuatan Kompos di tempat praktik
Hasil pelatihan yang kami ikuti di BPTP Jawa Timur sangat bermanfaat dan mendukung kegiatan Posdaya Harapan Mandiri Masjid Al Azhar, Bajulmati dalam mengembangkan Pertanian, terutama pengembangan  pertanian organik yang menjadi program unggulan di Posdaya Harapan Mandiri disamping Program Pendidikan.
Program pertanian di Posdaya Harapan Mandiri, Bajulmati sangat kami galakkan untuk mengangkat perekonomian masyarakat Bajulmati dan sekitarnya,  yang rata-rata miskin. Dengan adanya pelatihan ini semakin memantapkan kami untuk konsentrasi dalam bidang pertanian guna peningkatan produksi pertanian di wilayah Bajulmati dan sekitarnya.
Disamping program pertanian, kami juga mendapat ilmu tentang ternak kambing, kelinci dan pengolahan limbah (air kencing) ternak untuk pupuk. Materi ini kami terima saat sesi lapangan/praktik di lapangan, sehingga menambah bobot kwalitas pelatihan tersebut.

Mahbub Junaidi, Posdaya Harapan Mandiri bersama P. Tarmun, Kader Posdaya Pesantren Rakyat, Malang melihat dari dekat kandang kambing di BPTP Jawa Timur Malang

Semua ilmu yang kami dapatkan, akan kami praktikkan di wilayah kami agar tidak sia-sai dalam mengikuti pelatihan tersebut. Harapan kami semoga ada pelatihan-pelatihan lanjutan untuk pengembangan Posdaya di masing-masing wilayah, sehingga pemberdayaan masyarakat terutama bagi masyarakat miskin akan segera terwujud. (Mahbub Junaidi)

No comments:

Post a Comment